MENGENAL ILMU HADITS

Ilmu hadits sangatlah penting untuk dipelajari. Sebab dengan ilmu tersebut kita bisa mengetahui keadaan suatu hadits, apakah hadits tersebut shahih, hasan, dhoif bahkan palsu.

Oleh karena itulah, mengetahui sunnah yang shohih tidak dapat diketahui kecuali dengan mengetahui dasar-dasar ilmu hadits dan mengenal istilah-istilah yang berlaku di dalamnya. Sehingga seseorang berada di atas petunjuk dan jalan Islam yang benar.

Sebab telah diketahui bersama bahwa mengenal sunnah berarti telah mengenal hakekat Islam. Imam Hasan bin Ali bin Khalaf Al Barbahari (wafat 369H) rahimahullah berkata,

اِعْلَمُوْا أَنَّ الإِسْلاَمَ هُوَ السُنَّةُ وَالسُنَّةَ هِيَ الإِسْلاَمُ، وَلاَ يَقُوْمُ أَحَدُهُمَا إِلاَّ بِالآخَرِ

“Ketahuilah bahwa Islam adalah As-Sunnah dan As-Sunnah adalah Islam, masing-masing tidak dapat berdiri kecuali dengan yang lainnya” [Lihat Syarhu Sunnah (1/35)]

Allah -Azza Wa Jalla- telah menjaga agama ini dengan adanya ulama ahlul hadits -Rhadiyallahu anhum-. Merekalah Ath-Thoifah Al-Manshurah, kelompok yang senantiasa menyerukan Al-haq dan akan senantiasa mendapatkan pertolongan Allah -Subhana wa Ta’ala- hingga datangnya hari kiamat.

____________

Ustadz Abu Dawud Ilham Al Atsary hafizahullah @madrosahsunnah

Leave A Comment

Laporan Donasi Madrosah Sunnah

Laporan Donasi Madrosah Sunah Oktober 2017