TENTANG NIAT

Niat merupakan salah satu syarat diterimanya amalan.Tempatnya adalah di hati dan bukan di lisan. Oleh karenanya, Allah -Ta’ala-memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk mengikhlaskan niatnya dalam beribadah kepada-Nya.

Allah -Azza Wa Jalla- berfirman,

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُالدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُالْقَيِّمَةِ

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus” (QS.Al-Bayyinah: 5 )

Ayat ini mengabarkan, bahwasanya Allah -Ta’ala-memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk mentauhidkan-Nya dan tidak mempersekutukan sesuatu apapun bersama Allah -Ta’ala- dalam beribadah kepada-Nya. Berpaling dari seluruh agama-agama yang batil dan menuju kepada Islam. Sebab Islam adalah agama yang Hanif lagi samhah (lurus lagi mudah) atau agama yang tegak di atas kebenaran. [Lihat Bahjatun Naadzirin (1/30)]

Faidah Ayat :

1. Orang-orang ahli kitab diperintahkan untuk mentauhidkan Allah -Azza wa Jalla- dan menjauhi kesyirikan. Serta diperintahkan untuk meninggalkan agama mereka dan memeluk agama Islam ketika Muhammad -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- datang, sebagaimana yang telah disebutkan di dalam kitab-kitab mereka.

2. Agama yang lurus dan diridhai oleh Allah -Azza wa Jalla- adalah agama yang berdiri di atas tauhid serta mengajarkan shalat, zakat serta meninggalkan agama-agama selain Islam.

3. Wajibnya mengikhlaskan seluruh ibadah kita kepada Allah -Azza Wa Jalla-

_____________

Ustadz Abu Dawud Ilham Al Atsary hafizhahulloh @madrosahsunnah

Leave A Comment

Laporan Donasi Madrosah Sunnah

Laporan Donasi Madrosah Sunah Oktober 2017