KEUTAMAAN MEMPELAJARI AGAMA

Segala puji hanyalah milik Allah Subhaanahu Wata’ala , shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

amma ba’du

Tidak diragukan lagi bahwa mendalami agama Allah termasuk amalan yang paling utama dan merupakan salah satu tanda dari tanda-tanda kebaikan. sebagimana yang disebutkan dalam hadis yang masyhur, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

من يرد اللّٰه به خيرا يفقهه في الدين

Siapa saja yqng dikehendaki oleh Allah mendapatkan kebaikan, dia dijadikan mampu memahami agama. (muttafaqun ‘alaih).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga diperintah untuk selalu memohon tambahan ilmu, sebagaimana firman Allah:

وقل رب زدني علما

“…Dan karakanlah: Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS: Thaha ayat 114)

Al-Hafiz Ibnu Hajar rahimahullah berkata tentang ayat ini bahwa ‘ayat ini sangat jelas menunjukkan tentang keutamaan ilmu, karena Allah Subhaanahu Wata’ala tidak pernah memerintahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam untuk memohon tambahan dari sesuatu kecuali ilmu.’ [Fathul Bari (I/187].

Seorang muslim hendaknya bersungguh-sungguh mempelajari agamanya dan mengamalkannya, dalam artian seseorang harus beramal di atas ilmu. Karena itu, manusia dalam kaitannya dengan ilmu dan amal terbagi menjadi tiga golongan:

Golongan pertama: Mereka yang menggabungkan antara ilmu yang bermanfaat dan amalan shaleh, mereka inilah orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dari kalangan para Nabi, para shiddiiq (orang-orang yang jujur), para syuhada dan orang-orang shaleh.

Golongan Kedua adalah orang yang diberi ilmu tapi tidak bermanfaat, mereka ini adalah orang-orang yang Yahudi dan yang menyerupai mereka.

Golongan Ketiga: adalah orang yang beramal tapi tidak mendasari amalannya dengan ilmu, mereka adalah orang-orang Nashara dan yang menyerupai mereka.

wallahu a’lam

__________

Ustadz Anshari, S. Th. I, MA hafizhahullah @madrosahsunnah

Leave A Comment

Laporan Donasi Madrosah Sunnah

Laporan Donasi Madrosah Sunah Oktober 2017