MEMINTA SYAFAAT KEPADA ORANG YANG TELAH MENINGGAL

Meminta syafaat kepada orang yang telah meninggal adalah salah satu kesalahan yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat kaum muslimin. Syafaat itu hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak boleh seseorang meminta syafaat kepada selain Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah ta’ala berfirman:

أَمِ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِ اللَّهِ شُفَعَاءَ ۚ قُلْ أَوَلَوْ كَانُوا لَا يَمْلِكُونَ شَيْئًا وَلَا يَعْقِلُون ■ قُلْ لِلَّهِ الشَّفَاعَةُ جَمِيعًا

“Atau mereka menjadikan pemberi syafa’at dari selain Allah. Katakanlah: “Dan apakah (kamu menjadikan pemberi syafaat itu) meskipun mereka tidak memiliki sesuatupun dan tidak berakal? Katakanlah: Hanya kepunyaan Allah syafa’at itu semuanya” [QS. Az-Zumar: 43-44]

Jadi ketika syafaat hanyalah milik Allah subhanahu wata’ala. Tak seorang pun dari makhlukNya yang bisa memberikan syafaat. Siapa pun dia dan bagaimana pun kedudukannya kecuali dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala,

مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِه

“Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah kecuali dengan izin-Nya” [QS. Al-Baqarah: 255]

Maka meminta syafaat kepada orang yang telah meninggal adalah perbuatan kesyirikan menduakan Allah subhanahu wa ta’ala dalam ibadah, karena meminta syafaat adalah salah satu ibadah kepada Allah subhanahu wa taala dan syafaat adalah hak Allah subhanahu wa ta’ala yang tidak boleh diminta dari selain-Nya.

Adapun syafaat dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam maka akan didapatkan di akhirat oleh mereka yang mentauhidkan Allah, menjauhi kesyirikan, dan taat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Maka sebuah kesalahan ketika seseorang meminta syafa’at kepada orang yang telah meninggal. Dan yang benar adalah seseorang meminta syafaat kepada pemiliknya yaitu Allah subhanahu wata’ala.

Rujukan judul dan dalil dari kitab al Mindzar Fii Bayan Katsirin minal akhtha asy-Sya’iah karya Syeikh Shalih bin Abdul Azis Alu Syeikh -hafidzahullah-.

____________

Ustadz Bambang Abu Ubaidillah Al Atsariy hafidzohulloh @madrosahsunnah

Leave A Comment

Laporan Donasi Madrosah Sunnah

Laporan Donasi Madrosah Sunah Oktober 2017