TENTANG BERSIWAK

Salah satu dari lima hal  yang merupakan fitrah (kesucian) adalah bersiwak.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الفطرة خمس: الختان، والاستحداد، وقص الشارب، ونتف الإبط، وتليم الأظفار. (متفق عليه).

Artinya:

Fitrah (kesucian) itu ada lima, berkhitan, mencukur bulu kemaluan, mencukur kumis, mencabut bulu kemaluan dan memotong kuku. (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu).

Siwak adalah menggunakan batang (kayu siwak -pent) atau yang semisalnya untuk membersihkan gigi dan gusi, dan menghilangkan kekuning-kuningan dan baunya. (Dr. Shalih bin Fauzan, Al-Mulakhkhash Al-Fiqhiy, h. 35). 

Siwak dapat dilakukan dengan menggunakan sikat gigi dengan pasta gigi atau yang semisalnya untuk menghilangkan bau pada mulut atau warna pada gigi.

Bersiwak memiliki keutamaan yang sangat besar, yaitu selain menghilangkan bau pada mulut, juga akan mendatangkan keridhaan Allah subhanahu wata’ala, sebagaimana dalam hadis Aisyah radhiallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

السواك مطهرة للفم مرضاة للرب. (رواه أحمد).

Artinya:

Siwak akan membersihkan mulut dan mendatangkan keridhaan Allah. (HR. Ahmad).

WAKTU-WAKTU UTAMA UNTUK BERSIWAK

Bersiwak disunnahkan pada setiap saat, sebagaimana dalam hadis dari Aisyah radhiallahu anha, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Siwak itu pembersih mulut dan diridhai oleh Allah.

Hadis ini menunjukkan bahwa siwak dianjurkan di setiap saat, terlebih ketika bau mulut sudah mulai berubah. Namun di sana ada waktu-waktu yang sangat ditekankan untuk bersiwak, di antarnya:

  1. Ketika bangun bangun shalat malam (tahajjud), sebagimana dalam hadis Huzaifah radhiallahu anhu :

كان رسول اللّٰه صلى اللّٰه عليه وسلم إذا قام ليتهجد يشوص فاه بالسواك. (رواه البخاري و مسلم).

Artinya:

Adalah Nabi shallallahu alaihi wasallam apabila bangun untuk shalat tahajjud, beliau membersihkan mulutnya dengan siwak. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

  1. Ketika hendak berwudhu, sebagaimana dalam hadis Abu Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

لو لا أن أشق على أمتي لأمرتهم بالسواك مع الوضوع. (رواه أحمد)

Artinya:

Seandainya aku tidak memberatkan umatku, maka aku akan perintah mereka bersiwak pada setiap berwudhu (HR. Ahmad)

  1. Ketika hendak melakukan shalat, sebagaimana dalam hadis Abu Hurairah radhiallahu anhu,  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

لو لا أن أشق على أمتي لأمرتهم بالسواك عند كل صلاة. (رواه البخاري و مسلم).

Artinya:

Seandainya aku tidak memberatkan umatku, maka aku akan perintah mereka bersiwak pada setiap hendak shalat (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

  1. Ketika hendak membaca Al-Qur’an, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda,

    إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا تَسَوَّكَ ، ثُمَّ قَامَ يُصَلِّي قَامَ الْمَلَكُ خَلْفَهُ ، فَتَسَمَّعَ لِقِرَاءَتِهِ فَيَدْنُو مِنْهُ أَوْ كَلِمَةً نَحْوَهَا حَتَّى يَضَعَ فَاهُ عَلَى فِيهِ فَمَا يَخْرُجُ مِنْ فِيهِ شَيْءٌ مِنَ الْقُرْآنِ ، إِلاَّ صَارَ فِي جَوْفِ الْمَلَكِ ، فَطَهِّرُوا أَفْوَاهَكُمْ لِلْقُرْآنِ

    Sesungguhnya jika seorang hamba bersiwak, kemudian melakukan shalat, maka ada seorang malaikat yang berdiri di belakangnya untuk mendengarkan bacaannya. Malaikat itu akan mendekat kepadanya hingga meletakkan mulutnya pada mulut orang tersebut. Dan tidaklah keluar dari mulut orang tersebut berupa bacaan al-Qur‘an kecuali akan masuk ke dalam perut malaikat, maka bersihkanlah mulut kalian bila hendak membaca al-Qur‘an. (HR. Al-Bazzar, hasan)

    5. Ketika Masuk Rumah, Sebagaimana dalam hadis dari Al-Miqdam bin Syuraih dari ayahnya ia berkata:

    سألْتُ عائشة، قلتُ بِأيّ شيء كانَ يبدأُ النبي صلى اللّٰه عليه وسلم إذا دخَل بيته؟ قالتْ: بالسِّواك. (رواه مسلم)

    Artinya:
    Aku bertanya kepada Aisyah, Apa yang dilakukan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam ketika memasuki rumah? Maka Aisyah berkata: “dengan siwak”. (HR. Muslim).

    6. Ketika bau mulut berubah. Sebagaimana dalam hadis sebelumnya bahwa siwak membersihkan mulut dan diridhai oleh Allah.

wallahu a’lam

____________

Ustadz Anshari, S. Th. I, MA hafizhahullah @madrosahsunnah

Tags:,

Leave A Comment

Laporan Donasi Madrosah Sunnah

Laporan Donasi Madrosah Sunah Oktober 2017